SHOPPING CART

close

Orang Tua Bijak Memilih Sekolah yang Tepat

Sebelum masuk kelas, para siswa melakukan kegiatan berbaris dan berdoa bersama

Berita tentang kenakalan remaja, tawuran antar pelajar, terjerat narkoba, pacaran bahkan sampai hamil diluar nikah seolah sudah menjadi menu yang kerap kita lahap..dan seperti biasa lingkungan pergaulanlah yang di kambing hitamkan seolah orangtua dan guru disekolah cuci tangan dan merasa sudah gugur kewajiban mendidiknya..Pertanyaannya siapakah yang membentuk lingkungan tersebut? Pernahkah orangtua berfikir bahwa sebenarnya anak2 mereka sedang mencari perhatian yang tidak mereka dapatkan dirumah sehingga mereka membentuk komunitas yang dianggap bisa mewadahi “kreatifitas” mereka untuk menemukan jati diri? atau pernahkan guru2 mereka berfikir bahwa keberhasilan mendidik bukan sekedar menorehkan angka-angka mumtaz diraport?

Bukankah jauh2 hari Allah SWT sudah mengingatkan agar kita khawatir terhadap generasi yang kita tinggalkan nantinya adalah generasi yang lemah (zurriyatan dhi’afan)? Bukankah Rasul juga sudah menyampaikan bahwa kecerdasan bukanlah sekedar deretan angka2 kognitif namun lebih dari itu yakni pribadi yang mampu mengontrol nafsunya dan beramal demi kehidupan akhiratnya?

Sah sah saja memilih sekolah favorit dengan segudang prestasi namun ingatlah..! Pemimpin-pemimpin kita di atas sana yang terlibat korupsi bukanlah orang orang bodoh..Silahkan saja memilih sekolah sekolah unggulan dengan seabrek piala berjajar tapi lihatlah pejabat pejabat kita yang terjerat narkoba dan asusila bukanlah lulusan sekolah pinggiran..

kebiasaan orangtua yang biasanya pasrah bongko’an kepihak sekolah sejatinya mereka telah melepas tanggungjawab yang seharusnya amanah tersebut ada ditangan mereka. Disisi lain guru disekolah merasa sudah melakukan kewajiban sesuai “perintah” kurikulum yang ada. Padahal sesuai konsep pendidikan Islam, amanah seorang guru bukan sekedar ta’lim (mengajar) tapi lebih dari itu, yakni ta’dib ( penanaman akhlak) dan tarbiyah ( mendidik dan membimbing ) sesuai misi Rasulullah Li’utammima Makarimal Akhlaq.

Stempel guru yang berarti patut di gugu lan ditiru bahkan sudah jarang menempel pada sosok seorang guru..Maka tidak jarang tiba tiba kita tersentak dan seolah baru bangun dari lelap saat anak anak kita terlibat kriminal, terjerumus perbuatan asusila dan terjerembab kedalam lingkaran setan narkoba.. Orangtua yang merasa sudah menyerahkan bongko’an anaknya menyalahkan pihak sekolah, sementara pihak sekolah juga menyalahkan orangtua karna tidak mengawasi pergaulannya..KLOP! anak polah bopo kepradah.

Maka diperlukan sebuah kerjasama yang baik antara bopo dirumah dan bopo disekolah agar tercipta pola pengasuhan yang sinergis sehingga diharapkan mampu meminimalisir lose control anak-anak kita…

So, Anda orangtua bijak..Mari memilih sekolah yang tepat..Wallahu A’lam

(Abu Zahwa, Pengajar PAI Smpit Insan Permata Malang)

Tags:

0 thoughts on “Orang Tua Bijak Memilih Sekolah yang Tepat

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kalender

September 2021
S S R K J S M
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

SMPIT Insan Permata Malang

Jl. Atletik
Kel. Tasikmadu, Kec. Lowokwaru
Kota Malang – JAWA TIMUR 65143
Telp. (0341) 483105

Jam Operasional

Senin – Jumat
07:15 – 15:30 WIB

CS PPDB? Chat dengan Kami